Cara Membuat Kata Pengantar dalam 10 Menit

Dalam suatu tulisan, entah itu makalah, buku, laporan penelitian, skripsi, tesis dan lainnya, biasanya membutuhkan “kata pengantar”. Kata pengantar ini sesungguhnya adalah hal yang sederhana, tapi terkadang ada yang kesulitan membuatnya.

Karenanya, berikut ini ada tips tentang cara membuat kata pengantar dalam 10 menit. Ya! Kata Pengantar bukanlah suatu jenis tulisan yang rumit karena sifatnya adalah pelengkap suatu karya tulis. Jadi, proses pembuatannya pun bisa cukup sederhana dan cepat.

Untuk bisa selesai membuat kata pengantar dalam 10 menit, terlebih dahulu Kamu harus memahami struktur kata pengantar. Kata pengantar umumnya terdiri dari tiga bagian, meliputi :

  • bagian pembuka : berisi ucapan syukur dan jenis tulisan.
  • bagian isi : berisi garis besar tentang tulisan.
  • bagian penutup : ucapan terima kasih.

Umumnya, kata pengantar cukup dengan tiga bagian tersebut. Jadi, tidak perlu pusing memikirkan apa saja yang hendak disampaikan dalam kata pengantar, untuk memukau para pembaca.

Percayalah, tidak banyak orang yang memperhatikan detail kata pengantar dari suatu karya tulis. Karenanya, tak masalah jika Kamu membuatnya secara cepat, asalkan tidak asal-asalan.

Cara membuat kata pengantar dalam 10 menit, dapat dilakukan dengan langkah berikut :

  1. 2 MENIT – Langkah pertama, tuliskan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas terselesainya naskahmu. Susunan katanya bebas ya, yang penting berisi ucapan syukur. Lalu, sampaikan syukurmu karena bisa menyelesaikan tulisanmu, sekaligus jelaskan apa jenis tulisanmu. Apakah itu laporan penelitian, skripsi, ataupun tesis.
  2. 5 MENIT – Berikutnya, sampaikan sekilas tentang isi tulisan. Apa tema penelitian yang Kamu angkat di tulisan. Sampaikan tujuan tulisan dan apa yang harus dipahami pembaca. Cukup satu atau maksimal dua paragraf saja. Beberapa kalimat pendek pun rasanya cukup untuk konten ini.
  3. 3 MENIT – Terakhir, tuliskan penutup. Ucapkan terima kasih pada pihak-pihak tertentu jika memang mereka benar-benar berkontribusi dalam proses penyusunan karya tulismu. Jika tak ada, langsung ucapkan terima kasih pada pembaca karena telah bersedia membaca. Tutup dengan permohonan maaf bila ada kekurangan dan buka peluang bila ada yang menyampaikan kritik dan saran.

Selesai.

Untuk menuliskan kata pengantar dengan struktur tersebut, rasanya 10 menit sudah cukup. Modalnya, cukup Kamu pahami dulu apa konten tulisanmu. Semoga tips tentang cara membuat kata pengantar dalam 10 menit ini bermanfaat ya.

Share

HI Unisri

Website ini adalah wadah publikasi hasil karya tulis para mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Dibuat untuk berbagi ide dan pemikiran, serta sebagai sumbangsih pada ilmu pengetahuan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *