Cara Membuat Daftar Pustaka

Keberadaan daftar pustaka dalam suatu tulisan adalah hal penting. Terutama dalam karya tulis ilmiah, daftar pustaka biasanya jadi hal wajib. Bahkan, artikel sederhana pun seyogyanya juga memuat daftar pustaka sebagai bentuk penghargaan kepada penulis yang menjadi rujukan tulisannya.

Sebagai panduan menulis daftar pustaka, berikut akan dijelaskan langkah atau cara membuat daftar pustaka serta hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka.

Pengertian daftar pustaka sendiri adalah tulisan pada akhir karya tulis, yang dibuat untuk menunjukkan sumber atau rujukan penulis dalam menyusun tulisannya. Daftar pustaka juga sering disebut sebagai referensi.

Bagi para pelajar atau mahasiswa, cara membuat daftar pustaka ini tentu perlu dipahami. Pada dasarnya, cara membuat daftar pustaka ada banyak, tergantung dari bentuk/ style yang digunakan.

Beberapa jenis daftar pustaka misalnya :

Turabian Style,

Harvard Style;

Vancouver Style;

American Psychological Association (APA) Style;

Chicago Style; atau

Kombinasi dari berbagai style.

Dari berbagai jenis atau style penulisan daftar pustaka di atas, yang paling populer adalah Harvard dan APA style. APA style sering digunakan sebagai standar di berbagai institusi atau perguruan tinggi.

Karenanya, kita akan membahas bagaimana cara membuat daftar pustaka, terutama dengan menggunakan metode APA Style.

Unsur – Unsur Daftar Pustaka

Beberapa unsur yang harus dituliskan dalam daftar pustaka, meliputi :

  1. Nama penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul
  4. Tempat terbit
  5. Nama penerbit

Cara membuat daftar pustaka dengan APA Style juga harus memuat kelima unsur di atas. Jika tidak ditemukan unsur yang dimaksud, maka diberi keterangan tersendiri. Urutan membuat daftar pustaka pun juga sesuai dengan urutan unsur di atas.

Namun, pemisahan antara urutan pertama hingga selanjutnya perlu menggunakan tanda baca yang sesuai, yakni :

Nama Penulis (dibalik). Tahun Terbit. Judul Terbit (cetak miring). Tempat terbit : Nama Penerbit.

Keterangan dan ketentuan penulisan, yakni :

  1. Nama penulis : jika nama penulis lebih dari dua kata, maka kata terakhir diletakkan di awal, dilanjutkan dengan kata kedua dan seterusnya. Jika nama penulis lebih dari dua orang, yang dibalik hanya nama penulis pertama, seterusnya tidak. Jika penulis lebih dari dua orang, hanya nama penulis pertama yang dicantumkan (tetap dibalik jika lebih dari dua kata) dan dilanjutkan “dkk”.
  2. Tahun terbit : dituliskan tahun terbit buku/ jurnal/ website, sesuai jenisnya.
  3. Judul : Judul ditulis dengan kaidah penulisan judul dengan memperhatikan huruf kapital. Penulisan judul dibuat dalam bentuk berbeda, dapat dicetak miring, dapat digarisbawah, dapat dibuat tebal.
  4. Tempat terbit : lokasi tempat penerbit buku/ jurnal atau situs tempat website.
  5. Nama penerbit : nama penerbit atau jurnal, atau keterangan waktu akses jika sumber berupa internet.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar pustaka adalah konsistensi penulisan. Jadi, penulisannya harus konsisten dalam satu karya tulis. Jika dengan APA style, seluruhnya harus APA style. Jika judul dicetak miring, seluruh judul dicetak miring.

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar pustaka, meliputi :

  • Hanya sumber rujukan utama atau yang disebut dalam teks utama yang dituliskan dalam daftar pustaka.
  • Referensi yang diperoleh dari hasil komunikasi personal, wawancara, dan sejenisnya, tidak perlu dicantumkan pada daftar pustaka, kecuali jika hasil wawancara dimuat dalam penerbitan.
  • Daftar pustaka tidak perlu diberi nomor urut.
  • Pengurutan daftar pustaka, ditulis berdasarkan urutan abjad dari nama penulis.
  • Gelar penulis tidak perlu dicantumkan, baik gelar akademis, gelar kebangsawanan maupun gelar keagamaan.
  • Daftar pustaka diletakkan pada bagian akhir tulisan, sebelum lampiran.
  • Masing-masing pustaka yang terdiri dari dua baris atau lebih, diketik dengan jarak baris spasi satu .
  • Jarak masing-masing pustaka diketik dengan spasi dua.
  • Baris pertama diketik pada garis tepi (margin) paper, tanpa menggunakan indensi atau menjorok. Untuk baris berikutnya pada satu sumber (jika satu sumber terdiri dari dua baris atau lebih), menggunakan indensi empat atau tujuh ketukan.

Berikut ini adalah contoh daftar pustaka dari berbagai sumber dengan APA style :

Business insider. Tanpa Tahun. The Rags-to-Riches Life Story of Alibaba Founder Jack Ma. Diakses dari https://www.inc.com/business-insider/alibaba-jack-ma-life-story.html, pada 1 Januari 2019.

Haqqi, Halifa dan Hasna Wilayati. 2019. Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disrupsi. Yogyakarta : Penerbit Quadrant.

Insukindro dan Aliman. 1999. Pemilihan dan Fungsi Empirik: Studi Kasus Perminatan Uang Kartal Riil di Indonesia. Jakarta: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 14,No. 4:49-61.

Pemerintah Indonesia. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan. Lembaran RI Tahun 2006 No. 17. Jakarta : Sekretariat Negara.

Rachmadsyah, Shanti. 2010. Prosedur Angka Pengenal Importir (API). diakses dari http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4cd8b3c795883/prosedur-angka-pengenal-importir-api-, pada 5 Mei 2019.

Wijayati, Hasna. 2016. Bung Karno, Jejak Langkah Bapak Revolusi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit People.

Referensi:

Deepublish. 2016. Daftar Pustaka Harvard Style – Cara Penulisan, diakses dari https://penerbitdeepublish.com/daftar-pustaka-harvard-style/#:~:targetText=Beberapa%20aturan%20dasar%20penulisan%20daftar,%2C%20jurnal%2C%20internet%20dan%20sebagainya. pada 2 Desember 2019
Surahman, Arif. 2016. Panduan  Gaya Penulisan Sitiran Karya Ilmiah. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, diakses dari http://lib.ugm.ac.id/data/panduan_sitiran.pdf pada 2 Desember 2019.
Wijayati, Hasna. 2019. Cara Penulisan Daftar Pustaka Lengkap dengan Contoh Daftar Pustaka. diakses dari https://portal-ilmu.com/cara-penulisan-daftar-pustaka/ pada 1 Desember 2019
Share

HI Unisri

Website ini adalah wadah publikasi hasil karya tulis para mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Dibuat untuk berbagi ide dan pemikiran, serta sebagai sumbangsih pada ilmu pengetahuan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *