Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri dan Studi Kasus

Oleh : Angelica Stella F. A.  
Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Pengertian Pasar Monopoli adalah situasi dimana hanya ada “satu” (arti kata mono yang berasal dari bahasa yunani, yang berarti satu) perusahaan yang menyediakan produk atau layanan kepada publik, sehingga membuat situasi monopoli. Jadi, satu perusahaan ini menguasai pemasaran dari satu jenis produk.

Ciri-ciri Pasar Monopoli 

Untuk lebih mengenal seperti apa konsep monopoli, kita bisa melihat pada ciri-ciri Pasar Monopoli, berikut ini :

  • Ada satu perusahaan yang mempunyai control penuh terhadap pasar
  • Perusahaan lah yang menyuplai dan menentukan harga barang atau jasa
  • Perusahaan lain tidak bisa masuk ataupun keluar  pasar dengan mudah

Dampak Pasar Monopoli

Adanya monopoli pasar yang terjadi dapat memberikan dampat tertentu. Adapun dampak Pasar Monopoli adalah :

  • Konsumen tidak dapat membeli produk atau jasa dari perusahaan lain yang membuat mereka terpaksa membeli produk atau jasa dengan harga yang sudah ditetapkan oleh satu perusahaan.
  • Menjual barang dengan harga setinggi mungkin
  • Membatasi produksi
  • Menghiraukan complain pelanggan

Lantas, kenapa Pasar Monopoli dapat terjadi? bagaimana penyelesaian Pasar Monopoli?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas saya akan menggunakan metode penelitian  studi kasus  dengan kasus “de beer”

Studi kasus “De Beers 

De Beers Consolidated Mines.Ltd pertama kali dibentuk pada 1888 adalah penyuplai berlian terbesar di dunia. Bahkan, pada tahun 1902 mereka berhasil mengontrol 90% pasar berlian dan bukan hanya sebagai supplier tapi juga sebagai  distributor dan sekarang juga sebagai penjual berlian yang berbentuk perusahaan itu sendiri.

De Beers sendiri adalah tambang berlian di Afrika Selatan yang dimiliki oleh 2 bersaudara bernama  De Beers yang akhirnya dibeli oleh seorang pengusaha Inggris bernama Cecil Rhondes di tahun 1880.

Hanya dalam waktu 8 tahun dia mampu menguasai seluruh tambang berlian di Afrika Selatan dan mengontrol 90% pasar berlian pada tahun 1992 saat dia wafat. Tetapi yang membuat perusahaan De Beer menjadi sebuah ‘Empire’ adalah seseorang bernama Ernest Openheimer. Ialah yang membeli tempatnya sebagai pemilik saham terbesar dan akhirnya menjadi ketua dewan pengurus perusahaan.  

Jadi, bagaimana akhirnya terjadi Monopoli terhadap pasar berlian oleh  perusahaan De Beers?

  • Kecendrungan pertambangan berlian.

Pertambangan berlian umumnya mempunyai kecendrungan untuk bergabung dengan tambang berlian yang lebih kecil karena  masing-masing pertambangan membutuhkan infrastruktur yang sama dan pemilik klaim mengiginkan tanah yg lebih luas. Dan juga didukung oleh kemampuan bisnis dan diplomasi Cecil Rhodes yang baik membuat De Beers menguasai seluruh pertambangan di Africa Selatan.

  • Tujuan yang sama.

Para distributor dan pemegang saham ingin harga berlian tetap tinggi ataupun terus naik, karena itu mereka memilih bergabung dengan De Beer agar De Beers  dapat membatasi  suplai dan produksi berlian sehingga berlian menjadi kelangkaan dan harga tetap tinggi.

  • Adanya kontrak eksklusif yang dibuat antara supplier dan buyer.

De Beers membuat kontak eksklusif antara supplier dan buyer agar tidak adanya / mustahil adanya produksi,pembelian dan penjualan tanpa melalui De Beers.

Ini adalah alasan terjadinya monopoli pasar berdasarkan studi kasus “De Beers”. Bagaimana kah nasib perusahaan “De Beers” sekarang ini? Masihkah Pasar Monopoli berlian oleh perusahaan “De Beers” berlangsung?

Jawabannya adalah ya. Meskipun tidak memiliki kontrol sebesar dulu dalam pasar berlian, perusahaan “De Beers masih menguasai pasar berlian sebesar 35% (perusahaan yang memiliki control diatas 25% dianggap masih memonopoli pasar.

Kenapa perusahaan “De Beers” kehilangan kemampuannya untuk memonopoli pasar berlian?

  1. Menolaknya negara dengan tambang berlian untuk bergabung dengan “De Beers” (Kanada, Australia dan Russia)
  2. Adanya protes dan gugatan terhadap perusahaan “De Beers” yang memonopoli market (di US : Sherman Anti-Trust Act for anti-competitive business practice, gugatan yang mirip oleh European Union dan masih banyak lagi).
  3. Regulasi pemerintah (United State Anti-trust Law )
  4. Munculnya saingan-saingan baru dalam industry berlian (Alrosa,Rio-Tinto diamonds,Lucara,Petra Diamond, etc.)

Kesimpulan tentang Pasar Monopoli

  1. Pasar Monopoli adalah suatu keadaan yang hanya ada satu perusahaan yang menyediakan prduk atau layanan pada publik
  2. Perusahaan “De Beers” adalah perusahaan berlian tersukses dan pernah mengontrol pasar berlian, bahkan dominasinya mencapai 90%.
  3. Menurut studi kasus “De Beers” Pasar Monopoli dapat terjadi karena kecendrungan suatu pasar, beberapa pihak yang memiliki tujuan yang sama, dan adanya kontrak eksklusif antara supplier dan buyer.
  4. Perusahaan “De Beers” masih memonopoli pasar sampai sekarang tapi tidak sekuat dulu, hanya sebesar 35%.
  5. Kekuatan Pasar Monopoli yang dimiliki perusahaan “De Beers” melemah karena beberapa hal seperti masalah internal, munculnya saingan baru, peran pemerintah yang memberikan batasan, dan lain sebagainya.

Daftar Pustaka :

  1. ‌https://www.businessinsider.com/history-of-de-beers-2011-12?IR=T#the-story-of-de-beers-starts-with-english-born-businessman-cecil-rhodes-who-broke-into-the-diamond-business-in-south-africa-by-renting-water-pumps-to-miners-before-buying-diamond-fields-of-his-own-2
  2. ‌businessdictionary.com/definition/monopolistic-market.html
  3. ‌https://www.investopedia.com/ask/answers/040915/what-are-characteristics-monopolistic-market.asp
  4. ‌https://www.investopedia.com/terms/m/monopolymarket.asp
  5. ‌https://www.investopedia.com/ask/answers/041415/what-are-common-examples-monopolistic-markets.asp
  6. ‌http://www.paulzimnisky.com/a-brief-history-of-de-beers
  7. ‌https://www.kitco.com/ind/Zimnisky/2013-06-06-A-Diamond-Market-No-Longer-Controlled-By-De-Beers.html
  8. ‌De Beers and Beyond : The History of the International Diamond Cartel
Share

HI Unisri

Website ini adalah wadah publikasi hasil karya tulis para mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Dibuat untuk berbagi ide dan pemikiran, serta sebagai sumbangsih pada ilmu pengetahuan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *